Tuesday, November 23, 2010

Contoh Proposal Pengajuan Peternakan

Kepada

Yth, Bapak Bupati Sukabumi

Cq. Kepala disnakertrans

Kab. SUKABUMI

di

Sukabumi

Sukabumi, 02 Januari 2010

No : 140/02/2001/1/2010

Lampiran : -

Perihal : Proposal Padat Karya Produktif

Peternakan

Dengan Hormat,

Dengan ini kami ajukan konsep proposal Padat Karya Produktif Peternakan Desa Cikujang kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi,

Menanggapi keluhan Masyarakat tentang maraknya pengangguran yang ada di Desa Cikujang Kecamatan Gunungguruh Kab. Sukabumi yang juga merupakan salah satu program kerja Desa Cikujang priode 2007/2013.

Sehubungan dengan itu, atas nama Kepala Desa Cikujang maka kami mengajukan agar di Desa Cikujang diberikan bantuan untuk penanggulangan hal tersebut sehingga permasalahan yang ada dapat teratasi. Dengan pertimbangan antara lain:

  1. Mengurangi tingkat pengangguran di Desa Cikujang;
  2. Membuka lapangan pekerjaan untuk penduduk sekitar;
  3. Memanfaatkan dan mengelola lahan yang ada sehingga berdaya guna;
  4. Memfasilitasi penduduk Desa Cikujang agar bisa menunjukan kreatifitas dan kredibilitas yang mereka miliki;
  5. Menjadikan Desa Cikujang menjadi sebuah desa yang produktif dan mempunyai income yang mandiri dari hasil karya penduduk Desa Cikujang itu sendiri.

Oleh karena hal tersebut diatas, kami memohon Kepada Dinas Terkaitan dapat merespon keinginan warga masyarakat Desa Cikujang yang menjadi program kerja kami, dan dapat merealisasikannya dengan segera.

Atas bantuan dan responsip Dinas terkait kami sampaikan terima kasih.

No. Reg :

CAMAT GUNUNGGURUH

…………………………….

NIP. ………………………….

KEPALA DESA CIKUJANG

HENI MULYANI

Tembusan :

1. Yth. Kepala Dinas Binamarga & PSDA Kab. Sukabumi

2. Yth. Kepala Dinas Cipta Karya & Tataruang Kab. Sukabumi

3. Yth. Kepala Dinas Disnakertrans Kab. Sukabumi

4. Yth. Kepala Bappeda Kab. Sukabumi

5. Arsip









PROPOSAL

KEGIATAN PADAT KARYA PRODUKTIF

USAHA PETERNAKAN

Bismillahirrahmanirrahiim

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Pada akhir abad ini, dunia usaha telah menjadi makin komersial. Para pengusaha berlomba untuk menguasai pasar dengan menjual produk usahanya ke pasar. Tentu saja hal ini menimbulkan berbagai masalah, tetapi juga sekaligus membuka kesempatan baru dalam menjalankan usaha. Untuk tetap dapat bersaing, perlu kiranya kita memanfaatkan sarana dan informasi yang tersedia

Desa Cikujang merupakan desa dengan luas wilayah sekitar 445.145 Ha yang terdiri dari lahan sawah, lahan kering dan lahan pekarangan, 50% dari luas lahan yang ada merupakan lahan pertanian terutama tanaman padi. Desa Cikujang merupakan bagian dari kecamatan Gunungguruh dengan kondisi yang cukup strategis karena berbatasan langsung dengan wilayah Kota Madya Sukabumi, dengan jarak tempuh ke pusat keramaian kota sekitar 6 Km dan jarak ke Kantor Kecamatan Gunungguruh sekitar 500 m dari Kantor Kepala Desa Cikujang.

Desa Cikujang adalah desa dengan luas pertanian hampir 50% dari luas desa, dengan kodisi air yang cukup memadai karena letak geografis Desa cikujang terletak pada ketinggian 600 Meter dpi dengan suhu rata – rata 25° sampai 31°C.

Jumlah penduduk desa Cikujang sebanyak 7348 jiwa, laki - laki 3654 jiwa dan perempuan 3694 jiwa dengan 2327 KK. Lebih dari 30% dari penduduk Desa Cikujang adalah penduduk dengan kategori masa produktif, namun dari jumlah tersebut tidak sedikit dari mereka yang tidak mempunyai penghasilan tetap bahkan sama sekali tidak mempunyai pekerjaan.

Lahan kerja yang ada di Desa Cikujang hanya pertanian dan perekebunan, selebihnya penduduk bekerja sebagai tenaga kerja buruh yang bergerak dibidang mebeuler, namun saat ini industri mebeuler yang adapun sudah hampir merosot akibat dari persaingan yang ada.

Dampak yang ada adalah penduduk Desa Cikujang yang sebagian pengrajin kecil tidak bisa lagi melanjutakan usaha yang mereka jalankan sehingga berakibat pada pemberhentian pekerja, akibatnya pengangguran pun bertambah.

Prospek yang dianggap cerah dan berdaya guna di Desa Cikujang adalah bidang peternakan kambing, selain letak geografis yang ada sangat menunjang daerah daratan yang sarat dengan tumbuhan untuk pakan, bidang peternakan ini juga dianggap lahan kerja yang produktif dengan prospek pemasaran yang baik.

B. PERMASALAHAN

Dari data yang kami dapat, lebih dari 50% penduduk masa produktif atau kurang lebih 120 jiwa penduduk Desa Cikujang tergolong sebagai pengangguran tanpa pekerjaan dan penghasilan. Permasalan yang timbul sekarang adalah bagaimana memberdayakan pengangguran yang potensial terhadap bidang peternakan dapat berdaya guna seperti yang diharapkan dan menjadi lapangan pekerjaan untuk penduduk Desa Cikujang yang belum berpenghasilan atau yang belum bekerja supaya mereka dapat menyalurkan daya produktifitas dan karya mereka sendiri sehingga sedikitnya dapat mengurangi tingkat pengangguran dan taraf kemiskinan yang ada.

Akan tetapi dalam kenyataannya hal ini tidak akan semudah apa yang dibayangkan, untuk mewujudkan apa diharapkan perlu adanya wadah penunjang yang terorganisir secara matang dan terarah sehingga tercipta lapangan pekerjaan untuk penduduk dalam jangka waktu yang cukup lama dan berkesinambungan namun tidak terlepas dari pemanfaatan sumber daya yang ada.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

1. Maksud

“ Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan memberi pasilitas pelayanan lapangan pekerjaan kepada masyarakat melalui Program Kegiatan Padat Karya Produktif Usaha Peternakan “

2. Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut :

1. Mengurangi tingkat pengangguran di Desa Cikujang;

2. Membuka lapangan pekerjaan untuk penduduk sekitar;

3. Memanfaatkan dan mengelola lahan yang ada sehingga berdaya guna;

4. Memfasilitasi penduduk Desa Cikujang agar bisa menunjukan kreatifitas dan kredibilitas yang mereka miliki;

5. Menjadikan Desa Cikujang menjadi sebuah desa yang produktif dan mempunyai income yang mandiri dari hasil karya penduduk Desa Cikujang itu sendiri.

D. SASARAN

Sasaran utama dari program kegiatan padat karya ini adalah penduduk Desa Cikujang dengan kategori masa produktif yang tidak memiliki penghasilan tetap atau bahkan tidak mempunyai pekerjaan sama sekali supaya biasa memanfaatkan lahan yang tersedia.

BAB II

RENCANA KEGIATAN

A. TAHAPAN KEGIATAN

- Persiapan

Dalam kegiatan padat karya produktif ini, kami mulai dari persiapan pengadaan lahan untuk kegiatan. Dalam hal ini kami atas nama Kepala Desa Cikujang akan meninjau ulang daerah mana yang sekiranya potensial untuk pelaksanaan kegiatan, sehingga pada saat pelaksanaan nanti semua berjalan sebagaimana yang diharapkan bersama.

- Pelaksanaan

Untuk pelaksanaan kegiatan, kami akan kooordinasi langsung dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk melihat dan meninjau ulang siapa saja pencari kerja yang terdaftar di Dinas tersebut yang berasal dari Desa Cikujang khususnya. Sehingga penyerapan tebaga kerja yang diharapkan bisa tersalurkan.

B. JENIS KEGIATAN

Tidak terlepas dari proposal yang di ajukan, jenis kegiatan yang akan dilaksanakan adalah program padat karya produktif dengan tujuan menjaring masyarakat produktif untuk bisa berkarya dan memberikan kreatifitas demi terwujudnya Desa Cikujang yang mandiri dan terlepas dari jeratan pengangguran.

Dengan susunan kegiatan sebagai berikut :

  1. Pembersihan lahan yang akan dijadikan objek sasaran;
  2. Pengerjaan Pondasi Bangunan;
  3. Pengerjaan Lantai Kandang;
  4. Pengerjaan Dinding Termasuk Sekat Kandang;
  5. Pengerjaan Atap Kandang;
  6. Pembangunan Sarana Penunjang;
  7. Pembelian Kambing;
  8. Pelaksanaan Kegiatan.

C. LOKASI KEGIATAN

Kegiatan ini berlokasi di Desa Cikujang Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.

D. RENCANA ANGGARAN BIAYA

Rencana Anggaran Terlampir.

E. RENCANA JADWAL PELAKSANAAN

Rencana Anggaran Terlampir.

F. PENGORGANISASIAN

Usaha ini akan dikelola langsung oleh masyarakat Desa Cikujang melalui hasil rembuk dengan LPMD dan Kepala Desa Cikujang, dengan struktur Organisasi sebagai berikut:

KELOMPOK KEPENGURUSAN

PADAT KARYA PRODUKTIF

USAHA PETERNAKAN

Ketua : Agus Dinantoro

Sekretaris : Ade Irma

Bendahara : Ade Sopyan Ramdani

Seksi Perencana Kegiatan : Ahmad Sadili

Kepengurusan : Apip Kamil Rukmana

Agus Kelana

Acep Mansyur

Komar

E. Burhanudin

G. PENANGGUNG JAWAB KEGIATAN

Penangung Jawab Kegiatan : Kepala Desa Cikujang

Penasihat : Ketua BPD Cikujang

Pelaksana Teknis : Kelompok Kepengurusan Kegiatan

Pelaksana Lapangan : LPMD Cikujang

Pengelola Pengadaan Material : 1. Kaur Trantib

2. Kaur Ekbang

3. Kaur Kesra

5. Kaur Pemb

Penggerak : Para Kepala Dusun bersama Rt / Rw

BAB III

PENUTUP

Dengan usulan rencana kegiatan Program Kegiatan Padat Karya Produktif Usaha Peternakan Desa Cikujang ini, yang di dukung oleh dana atau pun material lainnya dari Dinas terkait kiranya dapat dijadikan bahan dalam penentuan kebijakan dalam pelaksanaannya.

Cikujang, 02 Januari 2010

Kepala Desa Cikujang,

HENI MULYANI








RENCANA ANGGARAN BIAYA PEMBUATAN KOLAM IKAN

DESA CIKUJANG

KECAMATAN GUNUNGGURUH

Desa : Cikujang

Kecamatan : Gunungguruh

Kabupaten : Sukabumi

Propinsi : Jawa Barat

DAFTAR ANALISIS

Persiapan

A. Perataan tanah (Pembersihan Lapangan) 10 m2

0.75 Pekerja @ Rp 35,000.00 = Rp 26,250.00

Volume 150m2 = Rp 393,750.00

B. Pengerjaan galian 150m3

0.75 Pekerja @ Rp 35,000.00 = Rp 26,250.00

0.025 Mandor @ Rp 45,000.00 = Rp 1,125.00 +

Jumlah = Rp 27,375.00

C. Pengerjaan Pematang kolam Volume 112,5 m3

0.3 Pekerja @ Rp 35,000.00 = Rp 10,500.00

0.01 Mandor @ Rp 45,000.00 = Rp 450.00 +

Jumlah = Rp 10,950.00

D. Pengerjaan Penembokan 15,6 m3 dengan campuran 1 Pc : 4 Ps

1.2m3 Batu Kali @ Rp 120,000.00 = Rp 144,000.00

2.54 Zak Semen PC @ Rp 53,000.00 = Rp 134,620.00

0.0406 m3 Pasir @ Rp Rp 120000 = Rp 119,999.00 +

Jumlah = Rp 1,094,619.00

Upah

0.5 Tukang batu @ Rp 40,000.00 = Rp 20,000.00

0.15 Kampala Tikang @ Rp 45,000.00 = Rp 6,750.00

4,5 Pekerja @Rp 35,000.00 = Rp 157,500.00 +

Jumlah = Rp 184,250.00

Dinding Penahan Tanah

30


Panjang Dindinding 6m1

L= Jumlah Luas A + B

= 1.62m2 + 0.36

= 1.98m2

V = 1.98 m2 X 6 m

= 11.88 m3


A

300

90


30

B

120

Memasang 1m3 batu kali 1Pc:4ps

1,2 m3 Batu kali Batu @ Rp 120,000.00 = Rp 140,000.00

3,26 m3 Zak Semen @ Rp 53,000.00 = Rp 172,780.00 +

Jumlah = Rp 379,420.00

Upah

1,2 Tukang Batu @ Rp 40,000.00 = Rp 48,000.00

0,12 Kepala Tukang @ Rp 45,000.00 = Rp 5,400.00

3,6 Pekerja @ Rp 35,000.00 = Rp 126,000.00 +

Jumlah = Rp 179,400.00

Text Box: Cikujang, 02 Januari 2009 Dihitung Oleh : Seksi Perencanaan Pembangunan     Ahmad Sadili





















No comments:

Post a Comment